Peluang Bisnis untuk Mahasiswa yang terbukti Menghasilkan

Bagi kamu seorang mahasiswa yang harus kuliah dengan biaya sendiri, tentu merasakan betapa sulitnya mendapatkan penghasilan sembari menempuh pendidikan.

Bisnis bagi mahasiswa

Selain harus berjuang, menjalani kuliah selama 4 tahun tentu bukan waktu yang sebentar. Bahkan kadang terasa lebih lama karena ingin cepat cepat menyelesaikannya.

Bagi yang sudah menemukan jalan dan memiliki bisnis yang dapat di andalkan tentu tidak terlalu khawatir untuk itu, karena sudah nggak pusing lagi mikirin biaya kuliah.

Nah bagi kamu yang kurang atau belum beruntung bisa mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan sembari kuliah, beberapa ide usaha sampingan di bawah ini patut untuk dicoba.

Usaha sampingan bagi mahasiswa yang menjanjikan.


Bisnis Online Shop

Saat ini, banyak mahasiswa bahkan pelajar yang melakukan usaha sampingan dengan berjualan secara online.

Banyak pilihan yang bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan secara online, diantaranya sebagai berikut.

1. Menjadi Blogger

Make money online

Jika kamu hobi menulis, maka cobalah untuk membuat blog dan menuangkan seluruh ide cemerlangmu di blog.

Tidak harus keluar banyak modal, karena kamu bisa menggunakan blog yang gratis seperti blogger blogspot kemudian dimonetisasi ke google adsense.

Asalkan kamu mampu membuat tulisan yang banyak di cari orang dan pengunjung blog kamu ribuan setiap hari, maka mendapatkan uang dari blog bisa menjadi pasive income yang menjanjikan.

2. Konten kreator (youtuber)

Cara kerjanya hampir mirip seperti blogger jika kamu ingin mendapatkan uang dari adsense. Cuma, banyak yang mengatakan kalo menjadi youtuber sekarang lebih menjanjikan.

Kok bisa...?

Bisa kalo kamu jago membuat konten video yang banyak di sukai orang. Konten yang paling cepat mendatangkan pengunjung yaitu konten viral.

Cuma kelemahannya, konten jenis viral hanya bertahan sebentar. Tapi jika kamu jago dalam satu bidang tertentu maka itu juga pilihan terbaik. 

3. Membuka jasa penulis artikel


Jika tulisanmu bagus dan mampu menghasilkan uang, kenapa tidak membuka jasa penulis..?

Hasilnya lumayan lho. Rata rata artikel dengan jumlah 500 kata dibandrol dengan harga 10.000 Rupiah utk harga pasaran blogger pemula.

Tapi jika penulis itu sudah pro, maka 1 artikel saja bisa di hargai sampai 100.000 Rupiah. Apalagi jika artikel nya bahasa inggris, lebih mahal lagi harganya.

4. Jasa tugas skripsi

Harga untuk jasa tugas skripsi masih lumayan tinggi. Walaupun pekerjaan nya membutuhkan tenaga dan fikiran serta waktu yang nggak sebentar, namun jasa joki skripsi masih sangat menjanjikan.

5. Jualan makanan online

Cobalah untuk memulai dari lingkungan terdekatmu seperti temen sekelas di kampus. Promosikan makanan yang ingin kamu jual ke mereka dengan promosi gratis di awal.

Jika mereka suka, pasti mereka akan beli. Sesuaikan harganya dengan kantong anak kuliahan. Jangan mahal dulu deh yang penting laris.

Klo produk mu sudah dikenal banyak orang di kampus dengan kualitas bagus, pasti akan cepat berkembang.

6. Membuka bimbingan belajar

Jika kamu mahasiswa kost atau yang punya banyak waktu luang di rumah, cobalah untuk mambuka lec privat ke anak sekolah yang ada di sekitarmu.

Hanya perlu mengatur jadwal waktu yang tepat. sembari kuliahpun kini kamu bisa mendapatkan penghasilan.

Contoh di atas hanya sebagian kecil usaha sampingan yang bisa dilakukan mahasiswa.

Masih banyak lagi peluang yang bisa kamu manfaatkan asalkan mempunyai tekad yang kuat dan pantang nenyerah.

Jika kamu ingin belajar bisnis online, sudah banyak situs/website yang memberikan tips seputar bisnis online seperti https://vestoli.com yang cukup lengkap tentang informasi peluang usaha dan bisnis terbaru.

Kesimpulan


Intinya, dengan berbagai macam kemudahan di era digital ini, seharusnya mampu membuat kita lebih baik untuk menjadi pengusaha.

Sedikit berbagi pengalaman sebelum terjadinya pandemi, saya sempat mencoba bisnis rumahan dengan berjualan salad buah.

Ternyata, bisnis rumahan yang saya jelankan cukup menguntungkan. Padahal disini letaknya kurang strategis untuk bisnis karena masih di pedesaan.

Setelah bisnis jualan salad yang saya jalankan berjalan sekitar hampir 1 tahun, Alhamdulillah sudah mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Jika kamu ingin mencoba bisnis rumahan, cobalah mulai dengan usaha kecil kecilan dirumah. Apapun itu yang penting halal dan menguntungkan.

Jika nanti bisnismu sudah cukup besar maka tidak menjadi kendala lagi soal biaya kukiah yang saat ini terbilang mahal karena selalu naik tiap tahunnya.

Demikianlah tips usaha bisnis bagi mahasiswa yang terbukti masih menghasilkan selama beberapa tahun kedepan. Mengingat selama adanya pandemi, masyarakat sudah dilatih dengan aktifitas online.

Jadi, sekarang dan kedepannya akan sangat menguntungkan bagi para pengusaha online shop. Tentu ini bisa menjadi peluang bisnis bagus bagi mahasiswa.

Comments