Suka Duka Menjadi Guru BK

Bagi kalian yang sedang menempuh pendidikan di jurusan sarjana pendidikan, mungkin pernah bertanya-tanya, apa saja sih suka duka menjadi seorang guru..?

Walaupun kenyataannya, saat mendekati semester akhir pasti mendapat tugas praktik kerja lapangan/kkl dan sudah bisa merasakan kesan pesan saat menjadi seorang guru.

Namun taukah kamu ? fakta saat kuliah kerja lapangan dengan menjadi guru yang sebenernya itu sangatlah berbeda.

Oleh karena itu, pada tulisan singkat ini, saya akan berbagi pengalaman berkesan menjadi Guru BK dari pengalaman pribadi.

Perasaan saat pertama kali menjadi Guru BK


Suka duka menjadi guru


Saya tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa saya akan menjadi seorang guru.

Karena jurusan kuliah yang saya ambil adalah jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI).

Yang seharusnya, tupoksi saya adalah bekerja di rumah sakit atau di kementerian agama.

Jadi secara aturan akan sulit mendapat sertifikasi karena saat ini saya bekerja di Sekolah swasta (SMA) yang berada di naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Namun, karena awal niat bekerja adalah alasan orang tua yang menginginkan saya tinggal dirumah, jadi ya sudahlah.

Saya harus merelakan melepas beasiswa S2.

Kesan menjadi seorang guru yang saya rasakan pertama kali adalah canggung dan belum sepenuhnya maksimal karena memang dulu kkl nya beda.

Tapi setelah dijalani hari demi hari, akhirnya saya dapat merasakan banyak sekali manfaat dari profesi menjadi seorang guru. Salah satu yang paling utama adalah karena ilmu yang dibagikan akan menjadi ladang amal ibadah jika dilakukan dengan benar,  sabar dan ikhlas lillahi ta'ala.

Susahnya jadi Guru BK

Kalo menurut saya sih, jadi guru bk itu susah susah gampang.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa setiap pekerjaan pasti akan ada ujian yang menyertainya.

Salah satu ujian jika kamu nanti menjadi guru bk adalah di saat kamu bertemu dengan siswa yang bandel dan mempunyai jiwa yang ingin bebas.

Ada aja alesannya untuk membuat masalah karena tidak taat aturan sekolah seperti bolos misalnya.

Nah, dalam menanganinya pun nggak bisa sekali dua kali rampung, kudu ektra sabar menghadapi mereka serta dibutuhkan trik kusus dalam setiap pemecahan masalah yg dihadapinya.

Belum lagi saat membuat perangkat pembelajaran yang menumpuk. Harus mampu di selesaikan dengan maksimal. Namun semua itu bukanlah menjadi kendala berarti.

Keuntungan menjadi guru BK

Ternyata jadi guru bk itu gk melulu soal masalah lho. Ada juga keuntungan yang akan kamu dapetin nanti. 

Apa sajakah itu..?

Jika kamu masih lajang, maka salah satu keuntungannya adalah kamu akan banyak belajar dari karakter setiap siswa yang berbeda.

Dari setiap masalah yang mereka buat, nantinya akan berguna dan menjadi tabungan dalam belajar menjadi orang tua yang baik yang mampu untuk mendidik anaknya kelak.

Kabar baiknya, kadang kala ada aja tingkah gokil mereka. Akan banyak kisah jika kamu menjadi guru bk SMA. 

Ada banyak tingkah lucu dari para remaja yang mulai mengenal cinta. Dari curhatan mereka kadang ada saja cerita gokil yang berbeda.

Demikian pengalaman singkat saya menjadi guru bk selama ini, Bersambung untuk kisah selanjutnya.

Comments

  1. Kalau bekerja di rumah sakit jadi apa kak ,soalnya saya juga ambil kuliah jurusan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo posisi pekerjaan yg tersedia di RS skrg ini sih kurang paham, cuma dulu saya pkl nya di rsj

      Delete
    2. Konseris. Konselor rohani Islam

      Delete
  2. Terima kasih atas sharing ceritanya, kak.

    ReplyDelete

Post a Comment