Tips -Tips Mendapatkan Predikat Cum Laude


Banyak yang berprinsip untuk apa lulus Cum Laude namun tidak bisa apa-apa. Namun, jika dilihat dari segi manfaat untuk kedepannya, mendapatkan nilai IPK (Indeks Prestasi Komulatif) tinggi selain menjadi kebanggaan kedua orangtua dan keluarga, mencapai Cum Laude dapat mempermudah kita dalam mencari pekerjaan. tentu kita semua menginginkan hal tersebut ya.


Terdapat istilah "Jika kita memiliki banyak ilmu maka bukan kita yang mencari pekerjaan, tapi Pekerjaanlah yang mencari kita". istilah tersebut benar adanya, ketika kita di bangku kuliah mampu mencapai nilai IPK Tinggi bahkan Cum Laude maka dalam mendapatkan Pekerjaan yang kita inginkan sangatlah mudah.


Cum Laude yang sering kita dengar di bangku kuliah adalah predikat yang diberikan pada ujian di perguruan tinggi dengan Pujian Terbanyak. Pada setiap perguruan tinggi memiliki aturan yang jelas dan berbeda-beda mengenai persyaratan bagi lulusan yang berhak mendapatkan predikat Cum Laude. Secara umum, lulusan yang mendapatkan predikat summa cum laude memiliki Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK 3.80 ke atas, magna cum laude memiliki IPK 3.60 - 3.79, dan cum laude memiliki IPK 3.40 - 3.59.

Nah, teman-teman Mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan di bangku kuliah, saya akan membagikan beberapa tips Lulus Kuliah dengan mendapatkan Predikat Cumlaude Atau Magna Cumlaude bahkan Summa Cumlaude.


  • Menciptakan Tujuan yang ingin dicapai
Sebelum kalian semua memulai segala aktifitas maka alangkah baiknya menyiapkan tujuan yang ingin dicapai. pengalaman saya, pada dinding kamar saya tempelkan Sterofom kemudian saya membuat catatan kecil berupa tujuan yang ingin saya capai selama di bangku perkuliahan, salah satunya yaitu lulus dengan predikat Cum Laude.


  • Disiplin
salah satu kunci kesuksesan adalah disiplin, dan yang paling diperhatikan yaitu disiplin waktu. Masa-masa kuliah biasanya normal adalah 8 semester dan belajar aktif di dalam kelas yaitu 6 semester, nah kawan-kawan jika mau mendapatkan predikat Cum Laude salah satunya harus disiplin mengikuti semua mata kuliah dari semester 1 hingga semester 6 kemudian setelah itu di semester 6 menuju ke semester 7 adalah kegiatan-kegiatan diluar kampus yaitu berupa praktik-praktik seperti KKN (Kuliah Keja Nyata), KKL (Kuliah Kerja Lapangan), dan lain sebagainya.


  • Mengikuti Beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) 

sebagian besar kampus memiliki lebih dari 7 UKM yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa/i. Macam-macam UKM tergantung pada kampus tersebut. nah dari sini kalian bisa mengikuti beberapa UKM yang diadakan di dalam kampus. Namun, bukan berarti kalian harus mengikuti banyak UKM bahkan semua UKM agar bisa lulus dengan predikat Cum Laude, Tapi ketika kalian mengikuti terlalu banyak UKM malah akan mengganggu kegiatan wajib kalian yaitu mengikuti materi-materi perkuliahan, kalian malah akan mempersulit diri ketika memilih banyak UKM untuk diikuti. Pilihlah UKM yang menunjang suksesnya kalian di perkuliahan dan setelah perkuliahan.


  • Menjadi Mahasiswa/i Aktif, Bukan Kupu-Kupu

kalian yang sedang menempuh di dunia perkuliahan pasti tidak asing dengan ungkapan Kupu-Kupu. ya, Kupu-Kupu (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang). atau istilah K3 yaitu (Kuliah-Kosan-Kantin). Jika Tujuan kalian ingin tercapai maka istilah-istilah tersebut wajib kalian tinggalkan, karna menjadi mahasiswa/i aktif di kampus adalah salah satu hal yang penting, mengingat ketika kalian aktif di kampus maka kalian tidak akan tertinggal informasi-informasi penting mengenai perkuliahan.


  • Pertahankan Nilai

setiap akhir semester kalian akan mendapatkan KHS (Kartu Hasil Studi), di situ kalian akan melihat hasil kalian, nilai, IP, dan predikat permata kuliah. nah teman-teman harus pertahankan predikan A dan B sampai semester 6 ya, karna salah satu syarat kalian lulus dengan predikat Kumulatif Cum Laude adalah tidak ada predikat C di dalah transkip nilai kalian.


sesungguhnya seberapa besar predikat yang kita dapatkan ketika lulus kuliah nanti tergantung diri kalian sendiri, apa yang kalian tanam dari awal, proses sampai akhir kalian akan menuainya sendiri. maka teman-teman yang kepingin banget dapet predikat Cum Laude, yuk sedari awal kita bentuk dan berusaha semaksimal mungkin, dan jangan lupa juga minta Do'a dan restu kedua orangtua kalian ya.


sekian bebrapa Tips yang saya bagian ke kelian mengenai Lulus Dengan Predikat Cum Laude. 

=>Untuk mendapatkan beberapa Tips lain mengenai dunia perkuliahan kalian bisa komentar di kolom komentar di bawah ini ya. dan jangan lupa juga ikuti terus blog saya. 
sekian dan terimakasih :)



Comments

  1. Replies
    1. Iya dong, wajib banget. Dan yg paling penting itu UKM internal.
      Contoh, koperasi mahasiswa, hikmah, bapinda, dll.

      Delete
  2. Kak kalo dari semester 1-5 ada matkul yang C+ apakaha bisa masuk cumlaude kak ?

    ReplyDelete

Post a Comment