Naskah Konseling Kelompok (Dampak Film Terhadap Remaja)

Sinopsis Naskah Proses Konseling Kelompok

Naskah Konseling Kelompok
Konseling Kelompok

Naskah Konseling Kelompok (Dampak Film Terhadap Remaja). Dalam salah satu sekolah ternama yang ada di kota X, terdapat siswa dengan hobinya yang kurang wajar yaitu menyukai film-film tawuran dan yang sejenisnya, sehingga terbawa ke kehidupan nyata. 

Ia sering kali menirukan apa yang dilihatnya dengan siswa satu sekolahnya maupun diluar sekolah. Selama ini tidak ada yang menangani sikapnya, karena kedua orangtuanya tidak mengetahui akan sikap yang salah pada anaknya.

Sebab terjadi demikian dikarenakan kedua orangtuanya sibuk bekerja, jarang pulang ke rumah sehingga tidak bisa mengetahui perkembangan anaknya seperti apa. Disini guru bimbingan dan konseling seperti biasa mengadakan konseling-konseling individu maupun kelompok.

Hal ini sudah rutin dilakukan oleh guru di sekolah tersebut. Kali ini sebut saja bu Sisil akan melakukan konseling kelompok untuk pengentasan masalah siswa tersebut.

1. Masa Forming: Naskah Konseling Kelompok (Dampak Film Terhadap Remaja)


Bu Sisil : Assalamu’alaikum
Semua menjawab : waalaikumsalam
Bu sisil : bagaimana kabarnya hari ini anak-anak ?
Semua menjawab : Baik buuuuu,,,
Eka : ibu bawa apa itu bu?
Leo&Hardi : kita mau mainan ya bu? (dengan nada kocakan mereka)

Ibu Sisil : ya, leo dan hardi benar, kita akan berbincang sembari bermain-main
sedikit, kita sekarang buat lingkaran kecil ya nak
Ayu : semuanya bu?
Hardi : ya iya lah ayu ni gimana. (menjawab pertanyaan ayu)

Bu Sisil : ibu punya sebuah bola kecil (dengan menunjukkan bola yang dipegangnya), nah cara mainnya, bola ini akan di oper sesuai dengan lagu yang dinyanyikan dan akan berhenti ketika lagu diberhentikan juga, kemudian yang memegang bola tersebut langsung menyebutkan nama dan cita-cita, baik semuanya mengerti ?

Eka dan semuanya : ya mengerti bu, (mereka semua menjawab dengan serentak)

Bu Sisil : baik sekarang kita mulai ya, dari rani, kita menyanyikan lagu cicak-cicak di dinding.
Rani : (mengoper bola yang ada ditangannya dengan menyanyikan lagunya beserta semua anggota konseling) *Hap, lalu ditangkap.! Bola itu kemudian berhenti di tangan rani kembali.

Rani : nama saya rani wijayanti, dan cita-cita saya adalah menjadi wanita carier yang sukses (lalu bola itu berlanjut mengitari anggota konseling kelompok yang lain)

Leo : (bola berhenti di tangan leo) nama saya leo candra permana, cita-cita saya adalah ingin menjadi atlit olahraga yang handal dan keren. *Dan bola itu terus berlanjut memutar sampai kepada seluruh anggota konseling kelompok termasuk ibu sisil juga.

Eka : nama saya eka kurnia susanti, cita-cita saya adalah menjadi anak yang baik

Ayu : nama saya ayu setianingsih bu, ,, cita-cita saya tentunya ingin hidup sukses dan punya pacar yang ganteng kayak artis korea itu loh bu, macam alir itu…(dengan lantangnya)

(semua anggota konseling kelompok yang lain tertawa,, ha ha ha ha ayu ayu)

Apri : nama saya apriyanto, cita-cita saya ingin menjadi tentara yang gagah berani, bijaksana dan mengabdikan diri pada Negara Republik Indonesia

Hardi : bu! Nama saya hardiyanto saputra bu!!! Saya ingin menjadi orang yang tidak terkalahkan bu,.,

Bu Sisil : nama ibu Shilvia Arinditia, cita-cita ibu menjadi guru bimbingan konseling yang kompeten dan menyenangkan.

2. Masa Storming: Naskah Konseling Kelompok


Bu sisil : baik, sekarang ibu sudah tau semua cita-cita kalian,, sekarang ibu mau tanya film kesukaan kalian.
Ayu : aku bu aku,, aku suka nonton film korea bu,, apalagi yang main lee min hoo
Eka : kalau aku suka film capten tsubasa bu,,
Rani : aku suka film Barbie bu,,
Leo : aku suka film Dragon Ball bu,,
Apri : yang ku suka film Doraemon bu
Hardi : aku suka film kenzi bu,.,kalau ibu sendiri suka apa bu?

Bu Sisil : kalau ibu sukanya film Sailormoon,.wahh semuanya suka kartun yaa,. 

Tapi kok hardi sukanya bukan kartun, malah kenzi  ?
Hardi : ya bu,, saya suka yang menjadi pahlawan gitu bu,.,dan pastinya menantang bu
Leo : kenapa kamu suka yang menjadi pahlawan gitu di?
Hardi : ya suka aja sih,,, kepo sih lu ni leo!!!

Bu Sisil : udah dong jangan ribut kalian kan berteman,,.,

3. Masa Norming: Naskah Konseling Kelompok

Bu Sisil : ow jadi hardi sukanya yang menantang ya?

Rani : iya bu,, dia mah sukanya hal - hal menantang
Ayu : iya bu, waktu aku pernah liyat hardi ribut di belakang sekolah sama kakak-kakak kelas tiga,, gak tau siapa namanya
Hardi : apa sih yu, lu ini yu!!!
Ayu : ya apa sih hardi,,.,

Bu Sisil : wah, udah berapa kali hardi ributnya,, sering menangnya atau kalah?

Hardi : iya lah bu sering banget,., menanglah bu,, orang saya pake jurus andalan bu
Apri : wuuu ngeri juga ya lu di,., takut gua jadinya

Bu Sisil : bapak sama ibu hardi tau gak kalau hardi suka ribut gitu,.,?

Hardi : ya gak lah bu,, kan bapak sama ibu aku sibuk bekerja,, jadi ibu sama bapak gak tau kalau aku suka nonton superhero

Bu Sisil : ow jadi orangtua hardi sibuk kerja terus ya,, jadi gak tau kalau hardi suka nonton superhero,,., hardi tau gak kalau ribut itu gak baik?
Hardi : tau bu,.,

Bu Sisil : terus kenapa kok masih sering berantem?

Hardi : kan cita-cita saya pengen jadi pemenang bu,,.,
Eka : kan gak harus dengan cara seperti itu si di?
Rani : iya kan bisa ikut karate kayak si leo tuh
ayu : kalau enggak kayak apri tuh ikut pecinta alam
hardi : ihhh apa sih lu yu,, gak nyambung tau

Bu Sisil : bener tuh kata temen-temennya,, gimana kalau hardi ikut bela diri,, kan bakat dan hobinya bisa tersalurkan

hardi : saya kurang suka bu karate,, karena gak terlalu menantang, gak ada tantangannya soalnya bu
leo : sok tau lu di, gua kan yang udah pernah ikut
hardi : terus gimana?
Leo : di karate itu kita diajarkan banyak teknik dan jurus cara menjadi pahlawan yang baik dan benar,,, terus ada lombanya juga, kamu salurkan disitu

Bu Sisil : nah berarti kalau hardi ikut karate, hardi gak perlu ribut lagi, nanti kan ada lawannya tuh di sana. Terus kalau menang lomba malah dapet prestasi dan uang banyak loh di,, jadi gak perlu ribut sembarangan lagi,,, nah jadi gimana hardi?

Hardi : caranya gimana bu ?
Ayu : ya Tanya lah di sama si leo,,
Eka : iya bener tuh Tanya sama leo yang udah ikut di karate.

4. Masa Performing: Naskah Konseling Kelompok

Bu Sisil : ya udah gini, untuk lebih jelasnya nanti hardi Tanya aja sama leo cara daftar ekskul karatenya,, lagian juga kan karate itu keren lo apalagi kalau bisa jadi atlit,.

Apri : tuh bener tuh kata bu guru, jadi gak perlu cape-cape ribut lagi dan gak bakal dihukum lagi sama pak anggi,,
Hardi : ya bener juga tuh, nanti saya akan bicarakan sama leo untuk mengikuti karate
Eka & rani : siip deh kalau begitu mah,,

Bu Sisil : nah, jadi kesimpulannya semua film itu baik asalkan kita bisa menempatkannya sesuai pada tempat yang benar, kita harus bisa mengolah mana yang bisa ditiru dan mana yang gak harus ditiru, ibu yakin kok kalian adalah siswa-siswi yang pintar & cerdas, jadi ada pertanyaan?
Semuanya menjawab : tidak bu, kami semuanya mengerti

Bu Sisil : Baik, sekarang waktunya sudah habis,, mari kita akhiri konseling kita pada siang hari ini, selamat bertemu kembali di konseling yang lain yang telah rutin kita lakukan, semoga menyenangkan. Selamat siang,

Assalamu’alaikum. (mengakhiri Konseling).

Comments